Blog tentang kesehatan, diet sehat, tips sehat dan gaya hidup sehat

Periksa Kadar Gula Darah Anda

periksa kadar gula darah Kadar gula darah, atau jumlah gula dalam darah merupakan suatu indikator yang dapat menjadi penentu apakah sesorang sehat atau tidak. Jumlah gula darah berhubungan dengan terjadinya penyakit diabetes mellitus, atau yang sering disebut oleh masyarakat awam sebagai penyakit kencing manis.

Menurut wikipedia.com  gula darah adalah istilah yang mengacu pada tingkat glukosa yang terdapat di dalam darah, dimana gula darah ini secara ketat diatur dalam tubuh. Glukosa yang dialirkan melalui darah kemudian berfungsi sebagai sumber utama energi untuk sel-sel tubuh. Itulah mengapa kemudian kadar gula darah sangat penting untuk kelangsungan hidup sel-sel tubuh.

Kadar gula darah yang rendah dalam dunia kedokteran disebut hipoglikemia yaitu suatu keadaan yang ditandai dengan gejala perasaan lelah, fungsi mental menurun, rasa mudah tersinggung dan hilangnya kesadaran sedangkan jika kadar gula darah meningkat atau yang disebut hiperglikemia, maka nafsu makan akan tertekan dalam waktu yang singkat, dan keadaan inilah yang berhubungan dengan terjadinya penyakit diabetes atau kencing manis. Hiperglikemia dalam jangka panjang dapat menyebabkan masalah-masalah kesehatan serius termasuk kerusakan pada mata, ginjal, dan saraf.

Tingkat normal gula dalam darah sebelum anda makan adalah antara 70 dan 110 mg/dl dan setelah makan akan naik ke tingkat di antara 100-140 mg/dl. Peningkatan kadar gula darah di atas 140 mg/dl dianggap sebagai gejala-gejala penderita diabetes. Kadar gula darah yang rendah yang berkisar dibawah 70 juga hal berbahaya. Hal ini dapat menyebabkan seseorang pingsan.

Terdapat dua pemeriksaan utama yang digunakan untuk mengukur adanya suatu penyakit diabetes (atau: kencing manis) yaitu :

(a) Pemeriksaan Glukosa Plasma Puasa, yaitu pengukuran langsung kadar glukosa dalam darah setelah 8 jam (semalam) cepat.

(b) Pemeriksaan Toleransi Glukosa Oral, yaitu pengukuran kemampuan tubuh untuk menangani kelebihan gula yang disajikan setelah konsumsi minuman dengan kadar glukosa yang tinggi

Pemeriksaan Glukosa Plasma Puasa bernilai positif jika nilai peningkatan kadar gula darah yang diperoleh di atas 140 mg/dl setelah (semalam) cepat. Jika nilai yang diperoleh diatas 140 mg/dl terjadi pada dua kesempatan, maka orang tersebut tidak memiliki penyakit diabetes. Orang normal memiliki kadar gula puasa yang umumnya berkisar antara 70-110 mg/dl.

Pemeriksaan Toleransi Glukosa Oral dilakukan pada interval waktu lebih dari 3 jam. Orang yang diperiksa dalam keadaan berpuasa (tidak makan atau minum kecuali air sekurang-kurangnya 10 jam sebelum pemeriksaan, tetapi tidak lebih dari 16 jam). Gula darah awal diambil dan kemudian orang yang diperiksa diberi minuman dengan kadar gula yang tinggi (75 gram glukosa). Darah orang yang diperiksa diuji lagi dalam interval 30 menit, 1 jam, 2 jam dan 3 jam setelah konsumsi minuman tinggi glukosa. Jika tingkat glukosa plasma yang diperoleh 200 mg/dl atau lebih dalam sampel darah yang diambil selama 2 jam maka hasil pemeriksaan menunjukkan nilai positif.

8 Komentar untuk "Periksa Kadar Gula Darah Anda"

bagaimana cara mengatasi luka pada penderita dm yang kakinya sudah ditumbuhi ulat?

wah, berhubung saya bukan dokter, jadi saya tidak berkompeten untuk menjawab, tapi setau saya,
tiap hari tuh harus ada prosedur perawatn luka yang rutin untuk menghilangkan ulat-ulatnya, kemudian kontrol gula darahnya juga rutin untuk melihat kemungkinan proses penyembuhan luka, observasi terus menerus, jika tidak memungkinkan dan luka belum sembuh juga, kadang2 amputasi menjadi jalan terakhir

Apa benar bila air kencing di krubutin semut oasti terkena sakit gula?

salam kenal saya perawat khusus luka diabetes..jika butuh info terkait perawatan luka diabetes silahkan hub 081584077677 www.perawatluka.com trimakasih

kalau air kencing di krubutin semut berarti penyakit diabetesnya sudah parah dan harus segera di berantas,hanya obat herbal yang sangat ampuh dan terbukti cepat sembuhkan diabetes melitus.

Tahukah Anda, undur-undur ternyata sangat ampuh mengobati penyakit dalam yang ganas dan mematikan, semisal diabetes, stroke, kolesterol, asam urat, dan lain sebagainya. Hal ini telah dibuktikan sejak dahulu di negara Cina dan beberapa penelitian ilmiah yang dilakukan pada akhir-akhir ini.
Karena itu, mulai sekarang, Anda tidak perlu cemas lagi karena menderita penyakit ganas dan mematikan. Cukup dengan undur-undur, dijamin penyakit Anda segera sembuh.
Lantas, bagaimana cara menyembuhkan penyakit-penyakit ganas itu dengan undur-undur? Hub Bp Dede Hermawan
No HP 081221415838 (sms)

Manfaat Undur-undur bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya
Undur-undur sebagai Obat Diabetes
Undur-undur sebagai Obat Stroke
Undur-undur sebagai Obat Darah Tinggi
Undur-undur sebagai Obat Rematik
Undur-undur sebagai Obat Asma dan Rasa Penat di Badan
Undur-undur sebagai Obat Sakit Kuning (Hepatitis A)
Undur-undur sebagai Obat Pegal Linu
Undur-undur sebagai Obat Asam Urat
Undur-undur dapat Menurunkan Kolesterol
Undur-undur sebagai Obat Migrain
Undur-undur sebagai Obat Tifus
Undur-undur dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Undur-undur dapat Mengobati Penyakit Malaria, dll.

Jual undur-undur murah dan GRATIS ONGKOS kirim keseluruh INDONESIA. UNDUR-UNDUR KAMI GARANSI, APA BILA ADA YANG MATI LANGSUNG KAMI GANTI, satu undur-undur kami tempatin sendiri2, didalam tempatnya undur-undur kuat hidup sampai 2 bulan. Kalau bapak/ibu berminat tinggal sms alamat kenomer ini 024 70144771-08882581878-085727964393 Mujiono, undur-undur langsung kami kirim. Pembayaran dilakukan setelah undur-undur sampai tujuan. Harga 40rb 80rb: 120ekor

Jual undur-undur murah dan GRATIS ONGKOS kirim keseluruh INDONESIA. UNDUR-UNDUR KAMI GARANSI, APA BILA ADA YANG MATI LANGSUNG KAMI GANTI, satu undur-undur kami tempatin sendiri2, didalam tempatnya undur-undur kuat hidup sampai 2 bulan. Kalau bapak/ibu berminat tinggal sms alamat kenomer ini 024 70144771-08882581878-085727964393 Mujiono, undur-undur langsung kami kirim. Pembayaran dilakukan setelah undur-undur sampai tujuan. Harga 40rb 80rb: 120ekor

silahkan masukkan komentar anda pada kolom komentar, berikanlah komentar yang jujur dan sopan

Back To Top