Blog tentang kesehatan, diet sehat, tips sehat dan gaya hidup sehat

Bagaimana Memilih Sabun Untuk Cuci Tangan


bagaimana memilih sabun untuk cuci tangan
Setelah kita mengetahui mengenai betapa pentingnya mencuci tangan bagi kesehatan anak, maka selanjutnya yang jadi pertanyaan adalah cairan pencuci tangan apa yang cocok kita gunakan? Ada beberapa orang yang mencuci tangan dengan sabun yang berbentuk padat, apakah yang berbentuk batangan atau yang bentuk bundar, namun ada juga diantara kita yang lebih suka dengan sabun cair, lalu manakah sabun atau pencuci tangan yang baik? Kali ini kami akan memberikan sedikit informasinya.

Pertimbangan penggunaan sabun cair untuk cuci tangan

Jika anda punya uang cukup atau bahkan lebih sebaiknya gunakanlah sabun cair, mengapa? karena ini cenderung steril dibandingkan dengan sabun padat (batangan). Untuk sabun pencuci tangan dalam keluarga sebaiknya anda gunakan jenis ini. Ini dapat digunakan untuk beberapa anggota keluarga, cukup menekan bagian atas tempat sabun cair maka kemudian akan keluar sabun pencuci tangan yang cair. Coba bayangkan misalnya jika sabun batangan yang digunakan untuk mencuci tangan dan itu dipakai oleh banyak orang, hal ini cenderung tidak steril. 

 
gambar sabun cair untuk cuci tangan

contoh gambar kemasan sabun cair

Salah satu keunggulan sabun cair adalah kadang-kadang ia dikemas lebih unik, misalnya dalam bentuk yang lebih modern, kemudian ditambahkan bahan pewangi didalamnya, bahan pewangi ini menjadikan sensasi tersendiri jika mencuci tangan, terutama untuk anak-anak, mereka akan dengan senang dan rajin mencuci tangan, terutama jika wewangian sabun cair tersebut adalah favorit mereka. Jadi, saran yang terbaik jika anda mencari sabun cair adalah pilihlah sabun cair dengan wewangian yang anda suka, ini agar ketika kita mencuci tangan, maka kita akan melakukannya dengan aroma favorit kita atau anak kita.

Pertimbangan penggunaan sabun batangan (padat) untuk cuci tangan 

Jika anda tidak punya cukup uang dengan kondisi keuangan yang sederhana, anda dapat menggunakan sabun batangan, carilah sabun yang memiliki aktivitas anti kuman. Jika di labelnya terdapat rekomendasi dari lembaga kesehatan mungkin saja sabun ini lebih baik digunakan. Sabun batangan (padat) cenderung hemat dibandingkan dengan sabun cair, karena itu sangat tepat bagi anda yang sedang ingin berhemat, atau kondisi keuangan sedang “seret”.

Pertimbangan diatas apakah memilih sabun cair atau sabun padat untuk cuci tangan sebenarnya tergantung pada kondisi keuangan anda. Untuk efektifitas anti kumannya kurang lebih sama. Satu produk sabun saat ini telah mengeluarkan berbagai macam produknya. Bahkan satu produk sabun dapat kita temui dalam dua bentuk, satu sabun cair dan satunya lagi sabun padat, kesemuanya tergantung pada anda, ingin membeli yang mana. Untuk efektivitas anti kumannya kurang lebih sama, karena berasal dari produk-produk yang sama.
gambar sabun batangan padat untuk cuci tangan
contoh gambar sabun batangan (padat) untuk cuci tangan

Untuk anak-anak kita yang sering bermain diluar, misalnya di lapangan sebaiknya selalu dilindungi dengan mengajarkan kepada mereka cara mencuci tangan dengaan bersih dan sehat. Ini dapat melindungi mereka dari kuman penyakit berbahaya. Tanah, lumpur yang ada di lapangan dan di pekarangan rumah adalah tempat bermukim kuman yang paling banyak, demikian pula dengan bakteri serta virus. Semuanya dapat membuat anak kita terkena penyakit. Mencuci tangan dapat membantunya mencegah dari sakit. Secara ilmiah cuci tangan telah dibuktikan sebagai cara yang terbaik untuk mencegah penyebaran penyakit.

Kapankah sebaiknya kita mencuci tangan?
Sebagai tambahan informasi, sebaiknya mencuci tangan anda lakukan pada waktu-waktu dibawah ini, hal ini dapat mencegah terjadinya infeksi  dan penyebaran penyakit.
  • Setelah bermain di lapangan (terutama untuk anak-anak)
  • Setelah mengganti popok (karena popok mengandung sejumlah besar kuman yang tak terlihat oleh mata)
  • Sebelum dan setelah makan makanan (mencegah agar kuman tidak masuk kedalam rongga perut dan menyebabkan diare)
  • Sekembali dari aktivitas di luar rumah (tangan yang berkontak dengan benda-benda yang kemungkinan penuh dengan kuman, bakteri atau virus)
  •  Setelah membersihkan rumah (ada banyak kuman yang kemudian melayang dan tertinggal di tangan)
  •  Setelah menyentuh hewan , termasuk hewan peliharaan keluarga (ada banyak bakteri virus yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia, untuk mencegahnya sebaiknya mencuci tangan)
  • Sebelum dan setelah mengunjungi atau merawat setiap teman atau kerabat yang sakit
  • Setelah batuk atau bersin


1 Komentar untuk "Bagaimana Memilih Sabun Untuk Cuci Tangan "

silahkan masukkan komentar anda pada kolom komentar, berikanlah komentar yang jujur dan sopan

Back To Top