Blog tentang kesehatan, diet sehat, tips sehat dan gaya hidup sehat

Manfaat Sehat dari Buah Pisang

banana picture Tahukah Anda, bahwa buah pisang yang memiliki rasa sangat lezat itu memiliki manfaat sehat yang sangat beragam. Kandungan gizinya yang kaya menjadi alasan mengapa anda harus mengkonsumsi buah ini. Kandungan kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, vitamin serta mineralnya adalah andalan nutrisi yang akan ditawarkan kepada anda. Jika anda mengkonsumsi buah ini secara teratur setiap hari maka anda akan memperoleh manfaatnya. Manfaat sehat pisang semenjak dahulu telah menjadi topic pembicaraan, buah yang mudah ditemukan disekitar anda dan merupakan buah yang memiliki harga yang murah, coba bandingkan harga sebuah pisang dengan sebuah apel atau setangkai anggur maka anda akan memilih buah ini karena harganya yang cukup dengan kondisi kantong anda.

Sebaiknya anda menjadikan buah pisang sebagai cemilan anda sehri-hari jika anda ingin menjadi sehat. Anda tak perlu khawatir dengan kandungan kalorinya yang berjumlah 99 kalori, kandungan ini tak akan membuat anda menjadi gemuk. Jika anda sedang dalam usaha menurunkan berat badan maka kalori buah ini mampu menjadi teman yang baik.

Temukan berbagai macam manfaat sehat pisang di bawah ini untuk lebih memacu anda lebih rajin mengkonsumsi buah ini :

Pisang sehat untuk wanita hamil

Buah ini dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil, mengapa? Anda tentu bertanya apa alasannya, ya, karena buah pisang kaya akan asam folat, dimana ini adalah unsur yang baik untuk perkembangan janin ibu. Asam folat untuk masuk ke janin tidak membutuhkan proses dan waktu yang lama. Namun, jumlah kalori yang dikonsumsi oleh ibu hamil juga harus diperhatikan agar asupan kalori bagi sang janin tetap aman.

Bermanfaat untuk orang yang memiliki masalah usus

Penyakit usus dapat diringankan dengan konsumsi pisang yang telah dilunakkan. Jika anda mencampur sebuah pisang dengan terlebih dahulu melunakkannya dengan dicampurkan dengan segelas susu cair maka itu akan dapat meringankan gejala penyakit usus. Pisang juga mampu bekerja sama baik dengan masalah lambung, ia memiliki toleransi dengan asam lambung para penderita penyakit perut.

Manfaat bagi Luka Bakar

Jika anda mengalami luka bakar, anda sebaiknya menggunakan produk pisang yang lain misalnya daun pisang untuk mengobati luka bakar anda. Cara penggunaannya adalah dengan terlebih dahulu membakar daun dan mencampurkan abu hasil pembakaran dengan minyak kelapa. Ini dapat menghasilkan efek dingin pada kulit dan mempercepat tahap penyembuhan luka.

Manfaat bagi Diabetes

Beberapa jenis pisang tertentu memiliki efek yang baik bagi para penderita penyakit diabetes mellitus karena konsumsi pisang tidak menimbulkan kenaikan tingkat gula darah. Karena itu, pisang aman untuk dikonsumsi. Kandungan gula buah dalam pisang tidak berhubungan dengan kenaikan gula darah yang ekstrim. Pisang juga dapat dijadikan cemilan bagi orang yang memiliki penyakit diabetes, karena mereka dalam waktu yang singkat akan selalu merasa lapar, ini sehubungan dengan salah satu gejala penyakit diabetes.

Pisang dapat membuat anda cantik

Pisang dapat membuat anda cantik dengan menyingkirkan butiran-butiran jerawat yang menempel di wajah anda. Anda dapat menghancurkan pisang dan mencampurnya dengan susu serta madu. Campuran ini lalu anda oleskan secara teratur pada wajah setiap harinya selama jangka waktu beberapa minggu. Anda akan memperoleh hasil kulit yang bersih dan cerah serta bebas dari jerawat.

9 Komentar untuk "Manfaat Sehat dari Buah Pisang"

alhamdulillah mendapatkan wawasan bermanfaat untuk menambah ilmu, saya hanya tahu kalau pisang sebagi pencuci mulut setelah sarapan, ternyata banyak manfaatnya ya, terimakasih sahabat.

boleh dicoba nih untuk mempercantik wajah biar gx banyak jerawat..

selain pisang mempunyai manfaat untuk kesehatan ternyata pisang juga bisa membuat perut anda kenyang...

mantap nich buah pisang,,,jangankan buahnya,pohonnya aja bisa dimanfaatin

ternyata memang benarnya buah-buahan itu manfaatny sangat banyak untuk kesehatan, makasihnya atas infonya

Hi, fabulous post, thanks for sharing. Would you please consider adding a link to my website on your page. Please email me back.

Thanks!

Hailey William
haileyxhailey@gmail.com

soal khasiat pisang bagi penderita diabetes memang masih pro kontra Ada yg melarang karena kandungan karbohidratnya tinggi namun ada juga yang menyarankan. Lalu mana yang benar

"Buah-buah tertentu memang ada yang memiliki nilai GI (glucose index) tinggi sehingga cepat menaikkan kadar gula darah (pisang, anggur) yang bisa dikonsumsi saat berolahraga." sy baca ini di slh satu blog ahli kesehatan. yg bener yg mana niy? Pisang aman apa nggak? mbingungin! amannya nggak usah makan pisang utk diabetesi lah ...

silahkan masukkan komentar anda pada kolom komentar, berikanlah komentar yang jujur dan sopan

Back To Top