Blog tentang kesehatan, diet sehat, tips sehat dan gaya hidup sehat

Pentingnya Mencuci Tangan Bagi Kesehatan Anak

Kali ini kami akan berbagi informasi seputar pentingnya mencuci tangan bagi kesehatan anak. Anak-anak kita sehari-hari kadang akan bermain dengan apa saja. Lumpur misalnya adalah salah satu contohnya, masa kanak-kanak memang penuh dengan kegiatan yang aktif dan selalu berkontak dengan lingkungan. Lalu bagaimana jika anak kita bermain dengan lumpur dan kita tahu bahwa lumpur mengandung sejumlah besar kuman jahat.
Ini kemudian mengapa kita penting untuk mengajarkan pada anak betapa pentingnya mencuci tangan. Mencuci tangan adalah hal pertama di keluarga kita yang mencegah terhadap ancaman kuman yang tak terlihat. Kegiatan ini dapat mencegah penyebaran kuman dan menjaga anak-anak tertular penyakit.
Seperti kita ketahui bersama bahwa kuman penyakit dapat ditularkan diantaranya  melalui :

•        Menyentuh tangan yang kotor
•        Mengganti popok yang kotor
•        Melalui makanan dan air yang telah mengandung kuman
•        Melalui partikel yang dilepaskan selama batuk atau bersin
•        Melalui permukaan benda-benda yang telah mengandung kuman
•        Melalui kontak dengan cairan tubuh orang yang sakit

Beberapa kegiatan diatas adalah hal-hal yang dapat menularkan kuman penyakit, dan semuanya bisa dicegah dengan melakukan cuci tangan. Jadi fungsi pencegahan penyakit sangat berhubungan dengan cuci tangan.

Lalu bagaimana pada anak? Anak-anak pada masa pertumbuhannya memilki antibodi atau sistem imunitas (sistem pertahanan tubuh) yang belum terlalu kua, karena itu mereka sangat mudah terinfeksi oleh kuman dan bakteri. Mereka kemungkinan terinfeksi setelah menyentuh mata , hidung atau mulut dengan tangan. Walaupun mencuci tangan sejatnya adalah hal yang sederhana, tetapi ini efektif untuk  mencegah penyebaran penyakit , mulai dari flu hingga penyakit yang lebih serius seperti meningitis, hepatitis A , bronchiolitis , dan sebagian besar jenis diare infeksi .

Teknik Mencuci Tangan Yang Tepat Untuk Anak
Sebaiknya kita mengajari anak untuk mencuci tangan mereka dengan tepat, mereka belum cukup tahu bagaimana cara yang tepat mencuci tangan. Satu hal yang menjadi catatan adalah bahwa kuman penyakit yang ada pada tangan tidak mudah disingkirkan. Sebaiknya kita mendampingi anak saat mencuci tangan.
Untuk cara mencuci tangan dengan benar. Pertama, cuci tangan Anda dalam air hangat.Selanjutnya, gunakan sabun dan busa selama 20 detik . Pastikan cuci bagian di antara jari dan di bawah kuku , di tempat ini kuman biasa bersarang dan bersembunyi.  Jangan lupa untuk mencuci tangan kita hingga ke pergelangan tangan. Bilas sampai bersih dan keringkan dengan handuk bersih.

Untuk mengurangi kuman yang bisa mengancam keluarga kita, sebaiknya buatlah budaya mencuci tangan sebagai sebuah kebiasaan dan buatlah tempat untuk mencuci tangan.
2 Komentar untuk "Pentingnya Mencuci Tangan Bagi Kesehatan Anak"

wah judulnya sangat menarik
jadi pengen baca artikalnya..oya sambil baca artikelnya ini sy numpang tanya untuk tempat kaos kaki muslimah yang lg tren saat ini dimana ya...

silahkan masukkan komentar anda pada kolom komentar, berikanlah komentar yang jujur dan sopan

Back To Top