Blog tentang kesehatan, diet sehat, tips sehat dan gaya hidup sehat

Tips Tidur yang Sehat untuk Jantung

tips tidur sehat untuk jantung Pada posisi seperti apakah anda tidur ? Telentang, miring ke kiri, atau miring ke kanan? Ternyata pertanyaan ini ada hubungannya dengan tips tidur yang sehat, terutama untuk maksimalnya kerja jantung.

Jika Anda tidur dengan menindih perut atau sisi kiri Anda, atau dengan kata lain anda tidur dengan posisi miring ke kiri, maka anda secara tidak langsung memberi tekanan pada jantung Anda. Mengapa ?  Ya, karena kita semua tahu posisi jantung ada pada rongga dada sebelah kiri, dan berat badan anda secara ekstra akan bertumpu pada sisi sebelah kiri, sedangkan jantung harus terus memompa darah seperti biasanya. Beban tambahan ini dapat merusak jantung. Sehingga hindarilah tidur dengan posisi miring ke sisi kiri. Pilihan yang baik adalah miring ke sisi kanan atau dalam posisi telentang (menggunakan punggung sebagai penahan beban). Kedua jenis posisi tidur ini tidak memberi beban yang berat pada jantung Anda. Sehingga jantung dapat bekerja dengan baik dan optimal.

Lalu sampai sebegitu pentingkah hal ini, sampai-sampai harus memperhatikan posisi tidur ? Ya, Anda harus memikirkan tentang hal ini, karena salah satu alasannya adalah - Anda menghabiskan lebih dari sepertiga masa hidup untuk tidur! Bisa kemudian diprediksi jika sepertiga hidup Anda ini jantung selalu memperoleh beban ekstra,  maka kerja jantung tidak akan maksimal. Teknik posisi tidur yang sederhana ini mungkin saja dapat menambah kualitas hidup Anda.

6 Komentar untuk "Tips Tidur yang Sehat untuk Jantung"

infonya bermanfaat nih gan, kalau saya ga' tau posisi tidur saya kaya gimana, soalnya waktu mulai tidur posisi telentang tapi waktu bangun tau-tau posisinya tengkurap.

makanya agama menganjurkan tidur dengan posisi miring ke kanan. mantap bro

wah ... very nice info.. soalnya kebiasaan tidur miring kiri nih ... Hal2 kecil harus diperhatikan juga ya buat kesehatan.

thanks,
Yanti
http://www.spicyhotline.com/
http://www.spicywebonline.com/

wah ini info manfaat Gan, karena tanpa disadari kebiasaan tidur juga berpengaruh pada jantung, thanks shering sobat

silahkan masukkan komentar anda pada kolom komentar, berikanlah komentar yang jujur dan sopan

Back To Top